Jumat, 24 Februari 2012

CIRI-CIRI ZAMAN JAHILIYAH


Zaman sebelum Nabi Muhammad saw diutus pada masyarakat Arab dinamakan “ Zaman Jahiliyah”. Orang Barat kala itu juga menjuluki mereka sebagai bangsa “ Bar-bar. Mengapa disebut demikian ? orang orang Arab pada waktu itu hidup dalam kebodohan spritual dengan ciri-ciri sebagai berikut :
1.        Agama warisan Nabi Ibrahim dan Ismail telah dikotori dengan perilaku syirik dan penyembahan berhala. Sekitar Ka’bah bersemayam ratusan patung dan berhala sebagai sesembahan mereka. Tetapi kalau dikatakan mereka salah karena menyembah berhala maka jawaban mereka : “ berhala-berhala tersebut hanyalah sebagai WASILAH ( perantara ) antara mereka dengan Allah.
2.       Kedudukan perempuan sangatlah rendah, bahkan dianggap sebagai barang pelengkap saja. Itulah sebabnya mereka menganggap ain jika punya anak seorang perempuan, dan sebagai akibatnya anak perempuan tersebut dikubur hidup-hidup.
3.       Fanatisme kesukuan sangat tinggi. Dengan sifat seperti itulah maka sering terjadi pertumpahan darah antar suku hanya gara-gara masalah sepele.
4.      Orang-orang yang lemah dan miskin dijadikan budak-budak. Mereka diperjual belikan layaknya barang dipasar. Apapun bisa majikannya lakukan karena sama dengan benda milik mereka yang bebas mau diapakan.
5.       Tidak adanya tatanan hidup dan hukum. Yang berlaku adalah hukum rimba yaitu “ siapa kuat dia yang berkuasa.“ Dengan keadaan seperti itu maka jelas jalannya kehidupan dalam sosial masyarakat jauh dari kata nyaman dan adil.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar